5 Cara Terbaik Mencegah Penyakit Anemia Paling Mudah Bisa Anda Lakukan

5 Cara Terbaik Mencegah Penyakit Anemia Paling Mudah Bisa Anda Lakukan
wahok-gambar foto kata anemia

Apakah Anda pernah mendengar istilah 5 L? Ya, itu adalah istilah yang terkenal lewat iklan obat anemia, 5 L adalah singkatan dari lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai.

Sebaiknya Anda meningkatkan kewaspadaan apabila merasakan gejala anemia atau gangguan kurang darah, seperti denyut jantung lebih cepat dari biasanya, pusing, sering mengantuk di siang hari, wajah pucat (kulit, bibir, lidah, kuku dan kelopak dalam mata), sesak nafas (khususnya setelah melakukan kegiatan fisik berlebihan), lemas, lesu, mudah letih, dan sulit berkonsentrasi.

Bagi Anda yang belum mengetahui dan bertanya-tanya, “apa itu anemia?” pengertian Anemia adalah suatu keadaan di mana jumlah sel darah merah / Kurang darah tidak dapat mencukupi kebutuhan fisiologis tubuh, dan umumnya anemia sering kali dijumpai pada wanita dan anak - anak.

Anemia disebabkan oleh beberapa hal, seperti pendarahan tukak lambung, wasir berdarah, kehilangan banyak darah karena melahirkan atau kecelakaan, sering mimisan, malabsorbsi, dan menstruasi berat, Disamping itu anemia juga bisa disebabkan kurangnya zat besi dalam diet, malnutrisi, penyakit kronik usus, TBC, cacing, paru - paru, malaria dan gangguan produksi Hb karena faktor keturunan.

Untuk mengetahui kasus dan penyebabnya secara pasti, sebaiknya penderita anemia berkonsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan laboratorium. Di laboratorium, terdapat beberapa panel pemeriksaan untuk membantu dan memudahkan Anda dalam menentukan jenis pemeriksaan yang tepat.

Panel yang pertama adalah panel uji saring anemia (meliputi hematologi rutin, gambaran darah tepi, retikulosit), Sedangkan panel yang kedua adalah panel analisis Hb (meliputi hematologi rutin, gambaran darah tepi, badan inklusi HbH, analisis Hb HPLC dan pemeriksaan ferritin). Apabila Anda telah positif menderita anemia, sebaiknya segera melakukan beberapa tips ini.

Berikut ini 5 Cara Paling Ampuh Mencegah Atasi Masalah Anemia

  1. Biasakan Anda Rutin berolahraga
  2. Tidak boleh meminum susu, teh dan kopi setelah makan, sebab hal itu dapat mengganggu penyerapan zat besi
  3. Coba Basakan sarapan dengan menu seimbang
  4. Untuk membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh, biasakan mengkonsumsi vitamin C dan buah-buahan setelah makan
  5. Biasakan mengkonsumsi makanan yang bervariasi seperti sayur, nasi, buah dan lauk
Umumnya, gejala-gejala tersebut kita anggap sepele dan merasa itu adalah hal yang biasa terjadi akibat kelelahan bekerja, padahal jika kita mengetahui gejala tersebut adalah gejala anemia, maka kita bisa melakukan pencegahan dan penanganan dengan efektif dan maksimal.
 
Terimakasih Telah Baca Postingan 5 Cara Terbaik Mencegah Penyakit Anemia Paling Mudah Bisa Anda Lakukan, Semoga Bisa Berguna Dan ber-manfaat, Baca Juga Postingan Terbaru Admin Yaitu 6 Tips Bagaimana Cara Menawarkan Transaksi Yang Lebih Baik Untuk karir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

32 Foto Romantis Mulai Pelukan Sambil Selfie Dan Ciuman, Ucapkan I Love You, Pasti Menyentuh Banget

10 Foto & Video Paling HOT Dj Putri Una Asal Indonesia Fakta Cewek Asal Medan ini Suka Pakai Bikini

19 Contoh TATO Di Jari Tangan Simple, Asli Keren Dan Manis Bagaikan Cincin